Rapat Pelaksanaan PKPA Angkatan ke-2

Safir Law News – Kerjasama Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Undiksha guna melanjutkan pelaksanaan PKPA Angkatan ke-2 di Ruang Seminar FHIS Undiksha (05/08/2022).

Kerjasama antara Peradi dan FHIS Undiksha bukan yang pertama kalinya. Mengingat Peradi dan FHIS Undiksha telah berhasil dalam rangka menjalankan praktik advokat secara profesional yang melahirkan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan ke-1 pada tahun 2021.

Melalui rapat pelaksanaan PKPA Angkatan ke-2 dilaksanakan pada Jumat, 05 Agustus 2022 pukul 15.30 WITA bertempat di Ruang Seminar FHIS Undiksha. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Ketua PKPA sebagai moderator rapat, Ketua DPC Peradri Buleleng beserta Staff, Dosen FHIS, dan Tim IT PKPA.

Dalam rapat tersebut yang dibuka lansung oleh Ketua Panitia selaku Dosen Ilmu Hukum Bapak Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M. menyampaikan “Melihat dari kendala dan langkah besar telah dilalui bersama dalam pelaksanaan PKPA tahun kemarin tentu akan menjadikan pembelajaran untuk pelaksanaan PKPA Angkatan ke-2 tahun ini”. Tidak luput juga dalam rapat tersebut para anggota panitia ikut serta dalam menyampaikan gagasan ide ataupun kritik dan saran guna meningkatkan perencanaan PKPA Angkatan ke-2 berjalan lancar.

Direncanakan kegiatan PKPA Angkatan ke-2 dilakukan secara fleksibilitas (luring dan daring) dan para peserta yang ingin mendaftar dapat melakukan pembayaran secara cash ditempat baik dicicil dua kali ataupun dibayar penuh. Hal ini bertujuan untuk meringankan peserta. Untuk biaya operasional kegiatan dikenakan biaya masing-masing peserta Rp. 5.000.000 atau terbilang Lima Juta Rupiah. Pendaftaran PKPA Angkatan ke-2 akan berlansung pada tanggal 6 Agustus – 18 September 2022 dan kegiatan ini berlansung pada 23 September – 28 Oktober 2022. Dalam hal tersebut dikemukakan Ketua Panitia PKPA bahwasannya pembukaan PKPA akan dilaksakan pada Jumat 23 September 2022 yang kemungkinan direncanakan dilakasanakan setelah sholat jumat.

Selama proses pemaparan rencana dan stuktural dari kepanitian PKPA Angkatan ke-2, dibuka Tanya jawab. Bapak Firmansyah, SH. selaku Ketua PBH (Pusat Bantuan Hukum) sekaligus Advokat yang berkantor pada kantor Firma Hukum Safir Law Office yang beralamat di Pertokoan Pasar Banyuasri Jalan Samudra No. 24 Singaraja-Bali memberikan sebuah saran sesuai kenyataan di lapangan, kalau bisa pada saat melakukan kegiatan yudisium ataupun wisuda oleh undiksha nanti adik-adik peserta wisuda nanti dapat diberikan pembekalan dari sebuah PKPA itu. Ini akan menjadi nilai donkrak untuk mencari suatu pekerjaan, jadi jika kalau mereka sudah dibekali dengan PKPA tentunya menjadi dasar untuk mendapatkan pekerjaan baik Negeri ataupun Swasta yang berstatus legal atau pengacara di suatu persahaan tersebut.

“PKPA ini bukan berarti menjadi Advokat Bukan!, tetapi PKPA berisi tentang Tatacara beracara dalam sebuah persidangan dan tatacara beracara penyelesaian dalam sebuah persoalan”, tegas Bapak Firmansyah, SH.


Galery Kegiatan Rapat Pelaksanaan PKPA Angkatan ke-2



Photograph: Agus

Informasi Terkait Pendaftaran PKPA Angkatan ke-2 tahun 2022 :

Posting Komentar

0 Komentar