Bhabinkamtibmas Pembinaan Pecalang Tingkatkan Peran Dalam Pelaksanaan Tugas Di Desa Adat

 

Karangasem-Bali, Dalam rangka meningkatkan kemampuan tugas Pecalang dalam melaksanakan tugas di Desa Adat, Bhabinkamtibmas Desa Ban bagian dari Polsek Kubu Polres Karangasem Bripka I Nengah Budi Artana memberikan pembinaan kepada Pecalang di Balai Banjar  Adat Batukau Desa Ban, Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem, Rabu (25/10). Kegiatan pembinaan diikuti oleh 20 orang pecalang, yakni pecalang Desa Adat Batukau dan Pecalang Belong Plugon.

Adapun materi diberikan oleh Bhabinkamtibmas yakni secara teori berupa pengertian Pecalang, Dasar Hukum, Tugas, hak dan kewajiban Pecalang dan kegiatan praktik berupa pengenalan  teknik pengaturan Lalulintas. 

Kegiatan juga dihadiri oleh Kelian Adat Belong Batu Kau I Nyoman Kiter, Penyarikan I Nengah Mara, Petajuh I Nengah Dapet, Pemangku Pura Dalem Jro Mangku Nengah Tirta Adnyana, Admin I Wayan Regeg, SPd.

Diakhir kegiatan Bhabinkamtibmas menyerahkan Buku Tuntunan Sesana Pecalang, untuk bisa dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas.

Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona,S.H. saat dihubungi mitra humas melalui telpon mengatakan, pembinaan yang diberikan Bhabinkamtibmas kepada Pecalang  agar dapat menjadi pedoman Pecalang dalam pelaksanaan tugas pengamanan kegiatan upacara adat.

"Ini juga merupakan salah satu wujud dari Sipandu Beradat yaitu sistem pengamanan terpadu yang berbasis Desa Adat,"dengan capa Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona.(Hum/eva91)

Posting Komentar

0 Komentar