Menara SUTET Dekat Pada Hunian Di Buleleng Aman Kah Untuk Ditinggali

Buleleng, Bali – Ada banyak aspek yang dapat mempengaruhi harga jual dari sebuah properti. Salah satu aspek yang bisa mempengaruhi harga tersebut adalah lokasi dari properti tersebut dibangun. Harga dari sebuah properti bisa meningkat pesat apabila dibangun pada kawasan yang dekat dengan berbagai fasilitas umum. Ada juga beberapa fasilitas yang bisa membuat harga dari properti menjadi jatuh, salah satunya adalah SUTET.

SUTET merupakan salah satu fasilitas yang dapat membuat harga dari sebuah properti menjadi lebih rendah. Keberadaan dari SUTET dianggap dapat memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh. Banyak sekali stigma yang bermunculan bahwa SUTET memancarkan radiasi yang bisa menjadi sumber penyakit. Supaya tidak bingung, baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui fakta lengkap tinggal di dekat kawasan SUTET.

Dari informasi yang berhasil di himpun team media , Berikut penjabaran tentangBahaya dan Dampak SUTET, Pengertian SUTET, Perbedaan SUTT dan SUTET, Tegangan Kabel SUTET dan Meminimalisir Dampak SUTET, Bahaya dan Dampak SUTET.

SUTET merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk meratakan akses suplai listrik ke seluruh pelosok daerah. Dibalik manfaatnya, tiang penyalur tegangan listrik ini juga memancarkan radiasi yang dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan. Sebenarnya, apa saja bahaya dan dampak dari SUTET itu?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gerald Draper yang bekerja sama dengan Childhood Cancer Research Group, menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal kurang dari 200 meter dari jalur listrik tegangan tinggi, saat dilahirkan memiliki risiko untuk menderita leukemia sebesar 70% dibandingkan dengan yang berjarak sejauh 600 meter atau lebih. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh SUTET memiliki risiko untuk menimbulkan gangguan kesehatan, terutama pada anak-anak.

Mengutip penelitian yang dilakukan oleh Dr. dr.Anies, M.Kes. PKK, yang dipublikasi melalui situs UNKRIS, menunjukkan bahwa medan elektromagnetik yang dihasilkan dari SUTET 500 kV mampu memunculkan gejala hipersensitivitas yang bisa disebut sebagai electrical sensitivity. Gejala tersebut berupa keluhan tidak enak badan, kepala terasa pening, hingga kelelahan yang berkepanjangan.

Beberapa penderita electrical sensitivity dapat merasakan sensasi telinga yang berdenging. Hal ini disebabkan karena radiasi yang dihasilkan oleh SUTET memiliki gelombang suara berfrekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga. Meskipun tidak terdengar, gelombang frekuensi suara tersebut dapat mengakibatkan telinga akan menjadi berdenging dan bisa terasa nyeri.

Radiasi yang dihasilkan SUTET dapat mengganggu produksi dan kinerja hormon melatonin. Hormon melatonin memiliki peran yang penting dalam mengatur waktu tidur seseorang. Hormon yang terganggu oleh paparan radiasi, dapat mengakibatkan tubuh mengalami gangguan untuk tidur.

Seseorang yang kurang tidur dapat membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit dan membuat produktivitas menjadi menurun. Untuk meningkatkan kualitas tidur, Anda bisa coba mencari rumah di kawasan yang tenang dan nyaman. 

 

  • Pengertian SUTET

Melansir dari Wikipedia, SUTET atau disebut juga sebagai Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi, merupakan sebuah struktur yang digunakan dalam transmisi dan distribusi tenaga listrik untuk menghantarkan daya listrik ke tempat yang jauh. Saluran listrik dapat terdiri dari satu atau lebih konduktor yang dipasangkan pada menara atau tiang.

Menara untuk mendukung saluran listrik tegangan tinggi umumnya terbuat dari baja yang kuat dan tahan lama. Beberapa menara saluran listrik bertegangan rendah ada yang terbuat dari kayu, reinforced plastics, dan beton.

Meskipun menimbulkan banyak perdebatan, Indonesia sudah mengambil keputusan terkait pembangunan hunian yang berada di dekat SUTET. Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 8 Tahun 2015, terdapat beberapa ketentuan mengenai jarak yang yang harus ditetapkan dalam membangun rumah dekat tiang transmisi listrik bertegangan tinggi.

Sebenarnya, bolehkah mendirikan rumah di dekat SUTET? Membangun rumah di dekat SUTET tidak dilarang. Akan tetapi, pemerintah mewajibkan adanya radius steril dari SUTET. Dalam radius steril tersebut, tidak boleh ada bangunan apapun yang dibangun. Apabila melanggar, bangunan tersebut akan dianggap ilegal dan akan dibongkar.

Berdasarkan aturan Kementerian ESDM yang dipublikasi melalui Jurnal Peraturan Menteri ESDM, rumah dengan SUTET bertegangan 275-500 kV harus berjarak bebas vertikal minimal sejauh 9 meter. Semakin tinggi tegangan listrik yang dihasilkan, jarak antar rumah dan tiang harus menyesuaikan lebih jauh lagi.

 

  • Perbedaan SUTT dan SUTET

Meskipun sama-sama berfungsi untuk mengalirkan listrik bertekanan tinggi, SUTT dan SUTET adalah 2 hal yang berbeda. Melansir dari situs Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Banten, Saluran Udara Tekanan Tinggi (SUTT) adalah saluran tenaga listrik yang menggunakan teknologi kawat telanjang atau bare conductor di udara, yang memiliki tegangan di atas 35 kV sampai dengan 245 kV, sesuai dengan standar di bidang ketenagalistrikan.

SUTT merupakan bagian dari sistem transmisi tenaga listrik yang berfungsi untuk mengalirkan listrik berkapasitas hingga KHA 1000 A, dari pembangkit tenaga listrik menuju ke Gardu Induk. SUTT juga dipakai untuk transmisi tenaga listrik jarak menengah, yang menghubungkan satu kota dengan kota yang berjarak hingga puluhan kilometer. Dengan menggunakan SUTT, kebutuhan biaya untuk melakukan transmisi listrik akan lebih ekonomis daripada penggunaan saluran tegangan rendah.

Berbeda dari SUTT, SUTET digunakan untuk mengalirkan listrik bertegangan tinggi 275 kV sampai dengan 500 kV. Kabel yang digunakan untuk menghantarkan listrik terbuat dari alumunium murni yang diperkuat oleh baja. Ukuran dari tiang SUTET jauh lebih besar dari SUTT. Oleh karena itu, dalam konstruksinya dibutuhkan pondasi yang besar dan kuat untuk menghindari terjadinya goyangan akibat kontur tanah yang labil.

SUTET dibangun untuk mengalirkan listrik berjarak lebih dari ratusan kilometer. Dengan adanya SUTET, pemerintah menjadi lebih mudah untuk mengalirkan tenaga listrik dari Gardu Induk menuju wilayah-wilayah pelosok yang sulit untuk dijangkau. Pemerataan pasokan listrik bisa terwujud dan masyarakat bisa mendapatkan pasokan listrik untuk rumah tangganya.

 

  • Tegangan Kabel SUTET

Mengutip dari situs Sinarmonas Industries, SUTET memiliki tegangan kabel yang mampu mengalirkan daya mulai dari 200 kV sampai dengan 500 kV. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya drop tegangan dan penampang kawat dapat direduksi secara maksimal, sehingga dapat menghasilkan operasional yang jauh lebih efektif dan efisien.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menghantarkan listrik dengan daya yang besar, konstruksi kabel SUTET harus terbuat dari material yang tahan panas tinggi dan mampu mengurangi terjadinya penurunan daya listrik saat ditransmisikan. Kabel bisa terbuat dari aluminium murni yang diperkuat dengan baja supaya tidak mudah rusak saat terjadi gangguan cuaca.

Apabila sebuah kabel SUTET mengalirkan listrik dalam jumlah tinggi dan melewati batas spesifikasi, dapat menyebabkan terjadinya power sag. Power sag adalah salah satu penyebab listrik padam yang terjadi diakibatkan tingginya penggunaan listrik pada suatu daerah dan mengakibatkan daerah lain mengalami penurunan pasokan daya listrik.

 

  • Meminimalisir Dampak SUTET

Risiko terjadinya kanker dan penyakit lain tidak hanya disebabkan oleh paparan radiasi SUTET saja. Faktor genetik, gaya hidup, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mengakibatkan risiko kanker meningkat. Nah, untuk Anda yang tinggal di dekat tiang SUTET, berikut ini adalah beberapa cara untuk meminimalisir dampaknya.

Usahakan untuk tidak keluar rumah, khususnya pada jam 17.00 hingga 22.00. Dalam jangka waktu itulah arus listrik yang mengalir dari SUTET sedang berada pada titik puncak.

Pastikan untuk tidak masuk ke kawasan SUTET yang sudah dipagari untuk menghindari titik radiasi tinggi dan mencegah terjadinya sengatan arus listrik. Hindari untuk berolahraga di kawasan yang berada di dekat SUTET.

Sebelum membeli atau mendirikan rumah, cek terlebih dahulu jarak aman yang diperbolehkan oleh pemerintah.

Berhati-hatilah saat memegang benda yang terbuat dari bahan yang bersifat konduktif. Radiasi sutet dapat membuat benda tersebut menjadi memiliki listrik statis yang dapat menyetrum tubuh Anda.

Itulah fakta yang perlu Anda ketahui mengenai menara SUTET. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi, terutama bagi Anda yang penasaran mengenai adanya menara SUTET di dekat rumah. Jika Anda memiliki keluhan tertentu, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya dengan segera.(JC81)

Posting Komentar

0 Komentar