Babinsa Hadiri Undangan Rapat Kerja Desa Adat Celukan Bawang

Buleleng, Bali - Bertempat di Wantilan Pura Desa, Desa Adat Celukanbawang, Banjar Dinas Brongbong, Desa Celukanbawang, Minggu (15/01) Babinsa Celukanbawang Serma Nyoman Sarka dan Bhabinkamtibmas Celukanbawang Aipda I Gusti Made Suarjana menghadiri Undangan Rapat Dalam Rangka Rencana Kerja Desa Adat Celukanbawang Tahun 2023 yang dipimpin oleh Kelian Desa Adat Celukanbawang Jro Mangku Made Darmika.

Hadir pada acara Kelian Desa Adat Celukanbawang Jro Mangku Md Darmika,Ketua Parisadha Desa Pakraman Celukanbawang Nyoman Sayang,Ketua Paguyuban Pemangku Desa Pakraman Celukanbawang beserta anggota,Wakil Ketua Desa Adat Celukanbawang Pt Parwiyasa beserta Prajuru, Sekretaris Desa Adat Celukannawang Jro Mangku Komang Maha Putra, Ketua Sabha Desa Adat Celukanbawang, Ketua Kertha Desa Adat Celukanbawang, Ketua Panitia Ngenteg Linggih Pura Desa Adat Celukanbawang Pt Sukerenes beserta anggotaKetua LPD Celukanbawang dan undangan lainnya.

Dari informasi yang berhasil.dihimpun, Adapun Rencana Kerja Desa Adat Celukanbawang Tahun 2023 diantaranya Peringatan Bulan Bahasa Bali yang ke 5 dengan Tema *Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani*

Pembukaan tgl 6 Pebruari 2023, Desa Adat Celukanbawang sebagai Tuan Rumah yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Pemerintah Desa Celukanbawang
Sedangkan Kegiatan Lomba Bulan Bahasa Bali meliputi Festival Nyurat Bahasa Bali, Lomba Nyurat Peserta Tk SD, Lomba Pidarta Kelian Banjar Adat

Lomba Nyatwa Bali untuk Krama istri. Sedangkan untuk Persiapan Rangkaian Perayaan Hari Raya Nyepi Upakara Tawur Agung lan Pengerupukan. Lomba Ogoh - ogoh TK Kec. Gerokgak (jumlah Ogoh ogoh yang ditampilkan hanya 1 buah Ogoh ogoh tiap desa). Selain itu dibahas Persiapan Upacara Ngenteg Linggih Pura Desa, Desa Adat Celukanbawang yang jatuh pada Purnama ke 5 di bulan Oktober 2023, berkaitan dengan anggaran untuk sumber dana dari iuran dan punia krama dan punia dari pihak ke 3.

Para Sulinggih Pemuput pada acara Ngenteg Linggih diantaranya Puncak Karya oleh Ida Pedanda dari Griya Ambengan dan Ida Pedanda Budha Keling dari Griya Karangasem, b. Penganyar oleh Ida Pandita Dukuh dari Griya Brongbong Dan terakhir perihal Penyampaian LPJ Keuangan Desa Adat Celukanbawang. LPJ Laporan Kerja Tahunan, Silva dan Dana Semesta Berencana Desa Adat Celukanbawang Tahun 2022 sudah diterima oleh Dinas PMA Provinsi Bali sudah sesuai dengan peruntukannya dan terkahir Rencana Revisi Awig - Awig Desa Adat Celukanbawang.

Perubahan Nama Awig Awig yang semula masih bernama Awig Awig Desa Pakraman Celukanbawang harus diubah menjadi Awig Awig Desa Adat Celukanbawang disesuaikan dengan kondisi di Desa Adat Celukanbawang yang belum relevan harus direvisi/dirubah paling lambat pada bulan Maret 2023. Pengesahan sebelumnya disahkan di Dinas Pemerintah Kab. Buleleng dan nantinya harus disahkan di Dinas Pemerintah Provinsi Bali.(JC81)

Posting Komentar

0 Komentar