Senator DPD RI Dorong Sektor Pertanian Bali Di Optimalkan


Bali - Senator DPD RI H. Bambang Santoso, MA melaksanan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Mendorong Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan sektor pertanian dan peran petani dalam menunjang aktivitas dan kinerjanya.

Tidak hanya itu, memastikan terpenuhinya kebutuhan pangan di Provinsi Bali. Dengan berbagai persoalan sektor pertanian yang ada, seperti mahalnya input produksi (pupuk dan pestisida), tingginya alih fungsi lahan di Bali serta kelompok tani yang dibina masih lemah dalam soal permodalan untuk mendapatkan akses bertani.

"Kami mengingkan peran Petani di maksimalkan diberikan fasilitas yang bisa menunjang kinerja masyarakat Petani," kata H. Bambang Santoso, MA (3/1/2023).

Termasuk persoalan pasca panen, panjangnya rantai pemasaran menyebabkan keuntungan bagi petani tidak maksimal.

Dilihat dari kemajuan pertanian Thailand, hingga berhasil mendapat julukan the kitchen of the world atau dapur dunia harus jadi perhatian.

Terutama bagaimana Thailand menjaga lahan pertanian untuk tidak mengalami alih fungsi lahan untuk kebutuhan perumahan atau kawasan industri.

Karena sektor pertanian Thailand adalah sektor prioritas yang langsung ditetapkan oleh Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn. Sehingga pemerintah dan semua aparatur negara bekerja serius untuk sektor ini.

Sehingga persoalan alih fungsi lahan sangat hati-hati dilakukan. Terutama terhadap lahan produktif dan berpotensi untuk subur. Disana juga mengembangkan pertanian organik dan terobosan untuk menciptakan bibit-bibit yang tahan iklim.(Hum/JC81)

Posting Komentar

0 Komentar