Danlanud I Gusti Ngurah Rai Membuka Workshop PPBN di Monumen Perjuangan Bangsal

Badung -  Komandan Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S mengapresiasi  kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang telah berhasil mencetak 8700 kader tingkat taman kanak-kanak hingaga SMA/SMK secara swadaya. 

Hal tersebut dikemukakan Danlanud ketika membuka kegiatan Workshop PPBN bagi Menwa dan mahasiswa se-Bali di Monumen Menwa Ugraçena, Kawasan Monumen Perjuangan Bangsal pada 18 Maret 2023. Workshop tersebut diselenggarakan oleh LKP Widayakara bekerjasama dengan Korps Menwa Ugraçena Bali didukung oleh Gugus Kebangsaan Provinsi Bali. 

Danlanud menegaskan kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk menghadapi tantangan dan ancaman yang mungkin terjadi kepada negara yang kita cintai ini. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Korps Menwa Ugracena atas kerjasamanya selama ini khususnya dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai dan Desa Carang Sari, sehingga percepatan proses vaksinasi dapat tercapai. 

Ketua Monumen Perjuangan Bangsal, dr. Bagus Ngurah Putu Arhana, Sp. A(K) juga mengapresiasi kegiatan workshop ini dan siap mendukung kegiatan yang bernuansa kebangsaan semacam ini. 

Sekretaris LKP Widyakara, Anak Agung Rai Kartini, S.Sos.Msi, CHt melaporkan kegiatan Workshop ini diikuti oleh Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Panji Sakti, STISPOL Wira Bhakti, Stikes Binsa Usada Bali, STAI Denpasar, dan PPM Provinsi Bali.

Ia menyampaikan era globalisasi saat ini, semangat nasionalisme kalangan muda mulai terkesampingkan  dengan semakin derasnya informasi dan budaya global masuk. Menjawab tantangan ini diperlukan upaya agar nasionalisme anak bangsa tidak mudah tergeser, lewat penanaman Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang mampu membangun semangat bela negara sejak dini.

"Kolaborasi semua pihak sangat diharapkan untuk merealisasikan dan mewujudkan keberhasilan sejumlah program penanaman Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ini kepada generasi penerus", harapnya. 

Usai pembukaan, Ketua MPB, dr. Arhana menyerahkan Buku Bangsal Dalam Kenangan Revolusi dan Perang Kemerdekaan di Bali kepada Danlanud. Begitu pula Danlanud menyerahkan cinderamata berupa pesawat jupiter sebagai koleksi MPB. 

Sebelumnya Tim Widyakara, Korps Menwa Ugraçena dan Manajemen MPB telah melaksanakan audiensi ke Mako Lanud I Gusti Ngurah Rai. Kasmen Korps Menwa Ugraçena Bali, Mumtazah Mardliyah,S.Ked berharap ada suatu kerjasama khususnya yang berkaitan dengan pembinaan bela negara dan kedirgantaraan. Audiensi ditutup dengan penyerahan Buku Merangkai Jejak Perjalanan Menwa Ugraçena kepada Danlanud oleh Kasmen. (MM)

Posting Komentar

0 Komentar