Danramil 1609-02/Kubutambahan Hadiri Rakor Persiapan Hari Raya Suci Nyepi Dan HUT Kota Singaraja Ke 419


Kubutambahan, Buleleng - Pemerintah Kecamatan Kubutambahan Melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Hari Raya Suci Nyepi Th Caka 1945 dan Perayaan HUT Kota Singaraja ke 419 Tahun 2023

Terpantau di lokasi Ketua WHDI Kecamatan Kubutambahan, Kepala Puskesmas Kubutambahan I dan II, Perbekel , Kelian Desa Adat Se Kecamatan Kubutambahan dan Ketua Pasikian Yowana Kecamatan Kubutambahan.(Imam Heru)

Kegiatan bertempat ruang Rapat Kantor Camat Kubutambahan, Kamis (16/3 ) yang dibuka langsung oleh Plt. Camat Kubutambahan Dewa Ketut Armika,S.Sos,M.Si,. didampingi Kapolsek Kubutambahan, Danramil Kubutambahan, Ketua MDA,PHDI Kecamatan Kubutambahan, dan Penyuluh Agama Hindu .

Dalam Kesempatan ini, Plt. Camat Kubutambahan Dewa Ketut Armika,S.Sos,M.Si,. menyampaikan dalam rakor ini agar semua pihak menjaga kondusifitas pelaksanaan rangkaian Nyepi tentunya dengan berkoordinasi dengan aparat kemanan dan adat di masing-masing wilayah.

“Mari kita saling menjaga agar perayaan hari suci Nyepi ini berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Selain itu Armika juga menegaskan terkait dengan Edaran Rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun 1945 untuk bisa dicermati apa yang menjadi Pedoman dalam surat Edaran PHDI Provinsi Bali.

Sementara Kapolsek Kubutambahan AKP. Ketut Suparta,SH.MH menyampaikan dalam rangka menyamakan persepsi dalam pengamanan Malam pengerupukan rangkaian perayaan Nyepi tahun Baru Caka 1945,

"Melalui kesempatan ini diharapkan Perbekel dan instansi terkait berkoordinasi dengan Kelian Desa Adat dan tokoh masyarakat agar dihimbau warganya agar rangkain pelaksanaan hari raya nyepi utamanya saat acara melasti dan pengarakan ogoh-ogoh untuk tidak melakukan kegiatan yang berlebihan yang nantinya dapat menimbulkan gangguan kamtibmas." Harapnya

Disamping itu, Suparta menegaskan , Terkait dengan pengarakan ogoh-ogoh kami mengajak seluruh tokoh masyarakat yang hadir agar bersama – sama menjaga situasi kamtibmas yang tetap kondusif yang mana untuk pengarak untuk bisa dibatasi karena ini merupakan tanggung jawab kita semua.

Hal senada juga di sampaikan oleh Danramil Kubutambahan " Kami siap bersinergi untuk mengawal pelaksanaan melasti, pengarakan ogoh-ogoh termasuk pelaksanaan hari Nyepi agar berjalan kondusif dan kami siap siaga melayani masyarakat." Terang Danramil

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua MDA dan PHDI Kecamatan Kubutambahan dalam rapat koordinasi ini kami minta kepada para Kelian Desa Adat, Perbekel se-Kecamatan Kubutambahan agar menjaga para anak muda pada saat mengusung ogoh2 pada malam perayaan pengerupukan yang akan dilaksanakan di masing – masing Desa pekraman agar dihimbau warganya dalam perayaan malam pengerupukan untuk tidak melakukan kegiatan yang berlebihan yang nantinya dapat menimbulkan gangguan kamtibmas agar nantinya perayaan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar dan untuk upakara melasti apa yang menjadi dresta dari masing - masing Desa adat masing masing untuk tetap dijalankan dan selalu di koordinasikan.

Posting Komentar

0 Komentar