Sinergisitas TNI - POLRI, PECALANG dan BANKAMDA, Amankan Upacara Melasti

Buleleng, Bali - Untuk tetap terpeliharanya situasi keamanan Wilayah yang Kondusif, Babinsa Kel Banyuning melaksanakan pengamanan Upacara Melasti yang berlangsung di Segare Eks Pelabuhan Bllg Binaannya. Kegiatan Upacara Melasti yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023.  Melasti dilaksanakan  dalam rangka rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 tanggal 22 Maret 2023.

Upacara Melasti dilaksanakan oleh Desa Adat Padangkling Kel Banyuning Kec/kab Buleleng. Kegiatan diikuti oleh seluruh warga Desa Adat Padangkling Rangkaian kegiatan Upacara Melasti dipimpin oleh Klian Adat Desa Padangkling Ketut Mangku dan dipuput Jro mangku Kayangan Tiga.

“Mari kita bersama sama wujudkan situasi yang aman damai dan sejuk menjelang pelaksanaan perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945,” Tutupnya.(Imam Heru )

Di sela sela kesibukan Klian Adat Padang Keling mengatakan, Upacara Melasti dilakasanakan setiap 1 tahun sekali, yang merupakan rangkaian dari Hari raya Nyepi di Bali. Melasti dalam sumber Lontar Sunarigama dan Sanghyang Aji Swamandala yang dirumuskan dalam bahasa Jawa Kuno menyebutkan ” Melasti ngarania ngiring prewatek dewata angayutaken laraning jagat, papa klesa, letuhing bhuwana”.

Dari kutipan Lontar tersebut di atas, maka Melasti itu salah satu tujuannya yaitu:Ngiring prewatek dewata, ini artinya upacara melasti itu hendaknya didahului dengan memuja Tuhan dengan segala manifestasinya dalam perjalanan melasti. Tujuannya adalah untuk dapat mengikuti tuntunan para dewa sebagai manifestasi Tuhan. Dengan mengikuti tuntunan Tuhan, manusia akan mendapatkan kekuatan suci untuk mengelola kehidupan di dunia ini. Karena itu melasti agak berbeda dengan berbhakti kepada Tuhan dalam upacara ngodalin atau saat sembahyang biasa. Para dewata disimbolkan hadir mengelilingi desa, sarana pretima dengan segala abon-abon Ida Bhatara. Semestinya umat yang rumahnya dilalui oleh iring-iringan melasti itu menghaturkan sesaji setidak-tidaknya canang dan dupa lewat pintu masuknya kepada Ida Bhatara yang disimbolkan lewat rumah itu. Tujuan berbhakti tersebut agar kehadiran beliau dapat dimanfaatkan oleh umat untuk menerima wara nugraha Ida Bhatara manifestasi Tuhan yang hadir melalui melasti itu.

Di tempat berbeda Danramil 01 Buleleng kapten inf Wayan Nada mengatakan, Rangkaian Kegiatan Upacara Melasti di setiap desa adat dilakukan pengamanan dan pengawalan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas desa/kelurahan. Seperti saat ini di Kel Banyuning desa adat Padang Keling, Selain Bhabinkamtibmas dan Babinsa pengamanan dilakukan bersama dengan Bankamda dan Pecalang Desa Adat. 

"Hal ini menunjukkan Sinergisitas TNI - POLRI bersama Pecalang dan Bankamda selalu siap memberikan rasa aman dan nyaman pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat”. Ujar Danramil.

Posting Komentar

0 Komentar